pernyataan perulangan for pada pemrograman arduino #5


halo sahabat drobotik ...
pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel saya, sebelumnya saya sudah membahas tentang mengontrol 2 lampu LED menyala bergantian atau flip-flop. artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya yaitu membuat kode programan pernyataan perulangan for pada pemrograman arduino, silahkan kunjungi artikel sebelumnya jika belum memahami kode pemrograman untuk menyalakan sebuah LED dan mengontrol2 buah LED menyala bergantian (flip-flop).

Selain perulangan menggunakan void loop, ada juga pernyataan perulangan yang terskema sesuai dengan keingingan programmer, yaitu perulangan "for", "while","do--while" pada arduino. pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara membuat program pernyataan for pada pemrograman arduino. berikut adalah format penulisannya.
Bentuk penulisan for:
for(inisialisasi; syarat perulangan; nilai perubah)
{
  //Baris Kode Program
Terdapat 3 ekspresi pada pernyataan "for" yang dipisahkan dengan tanda titik koma (;), dari ketiga ekspresi itu yang menentukan berapa kali untuk melakukan perulangan, yang setiap ekspresinya memiliki fungsinya masing-masing.

  1. Inisialisasi, berperan untuk menempatkan sebuah nilai variabel,untuk penulisan variabel yaitu contohnya int x = 0; maka nilai integer x sama dengan 0.
  2. Syarat perulangan, merupakan ekspresi boolean untuk menentukan jalannya pernyataan for dimana jika ekspresi ini bernilai "true" maka akan melakukan perulangan dan jika "false" maka akan keluar dari pernyataannya. contoh pada gambar di bawah ini.
  3. Nilai perubah, dimana pada ekspresi ini berperan untuk menambahkan atau mengurangkan dari variabel inisialisasi. ketika pada syarat perulangan masih bernilai "true" maka nilai perubahan pada variabel akan di evaluasi.
Untuk memprogram perulangan for, ada beberapa penerapan program yang akan di tulis pada artikel ini. untuk skema kali ini saya akan menggunakan 4 buah LED yang terdapat pada pin 2, 3, 4, 5, mikrokontroler yang digunakan arduino UNO R3. Perhatikan langkah-langkah berikut

  1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan, sebagai berikut:
    • 1 buah arduino
    • 4 buah LED
    • 4 buah resistor berukuran 220 ohm
    • 9 buah kabel jumper
    • 1 buah papan breadboard 
  2. jika sudah disiapkan alat dan bahannya, rangkailah seperti pada gambar dibawah ini


  3. kode pemrograman Perulangan for untuk mengatur berapa kali melakukan perulangan
  4. int x;

    void setup()
    {
       pinMode(2, OUTPUT);
       pinMode(3, OUTPUT);
       pinMode(4, OUTPUT);
       pinMode(5, OUTPUT);
    }

    void loop()
    {
       for(x=0; x<5; x++)
      {
         digitalWrite(2, HIGH);
         delay(1000);
         digitalWrite(3, HIGH);
         delay(1000);
         digitalWrite(4, HIGH);
         delay(1000);
         digitalWrite(5, HIGH);
         delay(1000);
         digitalWrite(2, LOW);
         delay(1000);
         digitalWrite(3, LOW);
         delay(1000);
         digitalWrite(4, LOW);
         delay(1000);
         digitalWrite(5, LOW);
         delay(1000);
       }
         digitalWrite(2, HIGH);
         digitalWrite(3, HIGH);
         digitalWrite(4, HIGH);
         digitalWrite(5, HIGH);
    }
    Penjelasan program
    Program diatas menggunakan integer untuk variabel x bernilai 0, ketika x dievaluasi pada syarat perulangan contoh x < 5, maka sama dengan 0 < 5 apakah 0 lebih kecil dari1 jawabannya benar (true) dan jika syarat perulangannya benar maka dia akan menjalankan baris program, lalu kembali ke pernyataan "for", dan melakukan nilai perubahan yaitu x++ artinya x + 1 , maka yang sebelumnya x itu bernilai 0 akan dirupah nilainya menjadi 0+1 = 1 maka nilai x yang tadinya 0 (nol) menjadi bernilai 1 (satu), lalu akan lanjut ke syarat perulangan kembali 1<5 apakah 1 lebih kecil dari 5 jabawannya benar (true), maka akan lanjut menjalankan baris program kembali, dan seterusnya sampau syarat perulangannya bernilai salah (false) contohnya 5<5 maka jawabannya salah (false) maka akan keluar dari perulangan "for".
    untuk lebih jelasnya, sahabat drobotik bisa lihat video berikut:


sekian dari saya semoga bermanfaat

0 Response to "pernyataan perulangan for pada pemrograman arduino #5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel